Mengerikan! Tragedi-Tragedi Ini Terjadi di Kampus

Kampus adalah tempat yang dimanfaatkan para mahasiswa untuk menuntut ilmu dan menggali potensi dengan harapan akan menjadi seorang profesional kedepannya. Tapi apa jadinya ketika sebuah kampus justru menjadi sasaran tragedi yang mengerikan? Siapa pun pasti tidak menginginkan suatu lembaga pendidikan justru menjadi sasaran oknum-oknum tak bertanggung jawab. Intip tragedi-tragedi mengerikan berikut ini yang terjadi di kampus:

4 Tragedi Pembunuhan Di Kampus yang Tidak Akan Dilupakan Sejarah

  1. Tragedi Trisakti di Indonesia

tragedi trisakti

Masih ingat dengan tragedi Trisakti yang menewaskan 4 orang mahasiwa Kampus Trisakti pada Mei 1998 silam? Ya, cerita ini seakan sudah mengakar kuat di benak masyarakat Indonesia. Sebuah peristiwa yang harus memakan 4 orang mahasiswa akibat insiden penembakan membabi buta di Kampus Trisakti. Tragedi ini terjadi pada rezim Soeharto dimana mahasiswa seluruh Indonesia melakukan aksi untuk reformasi dan menurunkan Soeharto. Sayangnya, aksi tersebut tak disambut dengan baik dan tak di dengar oleh para pejabat pemerintah. Sehingga insiden penembakan mahasiswa di dalam kampus pun tak terhindarkan. Bahkan hingga saat ini tidak terungkap siapa yang melakukan penembakan tersebut.

  • Penembakan Masal di Umpqua Community College, Amerika Serikat

umpqua community college

Presiden Barack Obama yang saat itu menjabat sebagai orang nomor 1 di Amerika Serikat pun sangat menyayangkan dengan banyaknya kasus penembakan di lingkungan kampus Amerika Serikat. Tepatnya di 1 Oktober 2015, aksi keji oleh seseorang yang menembaki masal kampus Umpqua Community College hingga menewaskan 10 orang mahasiswa dan membuat 7 orang lainnya cedera serius. Pelaku diidentifikasi bernama Chris Harper Mercer 26 tahun yang tewas saat baku tembak dengan polisi. Dirinya secara keji menembaki dosen dan mahasiswa secara acak dan membabi buta. Disinyalir, aksinya ini dilatarbelakangi sebagai bentuk ancaman karena pemerintah melarang jual beli senjata api di AS.

  • Pembantaian Virgina Tech

Tidak mengerti apa yang ada di pikiran seorang mahasiswa 23 tahun bernama Seung-HUiyang pada 16 April 2007 melakukan pembantaian dan penembakan masal di Institut Politeknik dan Universitas Virginia, Blacksburg, Virginia, Amerika Serikat. Tragedi ini sedikitnya menewaskan 32 orang. Tragedi ini menjadi peristiwa pembunuhan sipil paling berdarah di Amerika Serikat. Termasuk salah seorang mahasiswa asal Indonesia bernama Partahi Mamora Halomoan Lumbantoruan 34 tahun juga ikut menjadi sasaran amukan kebencian tersebut.

  • Pembantaian Masal di Kampus Kenya

garissa college

Kampus Universitas Garissa di Kenya juga pernah menjadi salah satu kampus tragedi berdarah yang menewaskan l47 orang. Mahasiswa, dosen dan karyawan ditembaki secara massal dalam insiden pembantaian yang berlangsung selama 4 jam di kampus tersebut. Al-Shabaab yang mengaku bertanggung jawab atas insiden tersebut menyerbu kampus pada 2 April 2015 dan langsung menembaki para mahasiswa serta menyandera beberapa orang. Penyerangan ini merupakan bagian misi dari kelompok Al-Shabaab yang ingin menumpaskan mahasiswa yang bergaam non-islam. Bahkan menurut pengakuan seorang mahasiswa yang selamat dan berhasil melarikan diri, para penembak yang memasuki asrama kan bertanya terlebih dulu apakah mereka islam atau non-islam, jika bukan islam maka mereka akan langsung ditembak di tempat. Para mahasiswa beragama islam yang ikut disandra pun dibebaskan oleh kelompok tersebut. Sungguh kejadian yang memicu kecama dari PBB pada saat itu.

Meskipun kejadian-kejadian seperti diatas jarang terjadi di Indonesia lagi pasca tragedi Trisakti, namun sudah selayaknya suatu perguruan tinggi meningkatkan keamanan lingkungan kampusnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

sumber:

https://www.merdeka.com/dunia/obama-lelah-kampus-di-as-rutin-jadi-sasaran-penembakan-massal.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Pembantaian_Virginia_Tech

http://news.liputan6.com/read/2948521/petang-mencekam-di-kampus-trisakti-12-mei-1998

http://www.bbc.com/indonesia/dunia/2015/04/150403_kenya_serangan_universitas

Share this post: